BARANG BAWAAN PENUMPANG DAN REGISTRASI HKT IMPOR

Syamsu Priatmojo, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Juanda menyampaikan apresiasi tertingginya kepada para peserta kelas bimbingan. Tak lupa protokol kesehatan turut disampaikannya untuk selalu dipatuhi.
 
Sesi utama Kelas Bimbingan diisi oleh Helmi Irmawan, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama. Topik kali ini adalah Barang Bawaan Penumpang yang meliputi impor dan ekspor, serta Registrasi IMEI Handphone, Komputer genggam dan Tablet (HKT) impor. Ketentuan IMEI ini mulai diberlakukan pemerintah sejak 18 April 2020. Dalam pemaparan disampaikan bahwa berdasarkan SE-12/BC/2020, penumpang atau awak sarana pengangkut yang belum mendaftarkan IMEI atas perangkat telekomunikasi yang dibawanya serta telah keluar dari kawasan pabean, dapat mendaftarkan IMEI atas perangkat telekomunikasi tersebut melalui kantor pabean terdekat dengan domisilinya.
 
 
Usai pemaparan materi, Kelas Bimbingan ditutup dengan kuis singkat berhadiah menarik bagi peseta yang berhasil menjawab soal dengang benar.
 
Kelas Bimbingan berjalan lancar diiringi dengan antusiasme dan respon yang baik dari para peserta.
 
Dengan diselenggarakannya Kelas Bimbingan ini diharapkan dapat menambah wawasan para peserta sehingga peraturan yang berlaku dapat diimplementasikan secara tepat.