PERKUAT PERAN ASN SEBAGAI PEREKAT DAN PEMERSATU BANGSA

Bertempat di aula kantor, Bea Cukai Juanda turut menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Sosial Kultural (Soskul) online di lingkungan Kemenkeu. Uji kompetensi diikuti pegawai yang sedang Work From Office dengan tertib menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 8, 9, dan 12 Oktober ini merupakan pelaksanaan ketentuan KMK 954/KMK.01/2019 tentang Kompetensi Sosial Kultural di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Kompetensi Sosial Kultural adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap pemegang jabatan ASN yang diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan. Kompetensi sosial kultural terdiri dari satu kompetensi yaitu Perekat Bangsa. Hal ini sejalan dengan fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa sebagaimana dimaksud dalam PP No.11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.
Uji Kompetensi Sosial Kultural bertujuan untuk memperoleh gambaran secara utuh atas pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku pegawai dalam berinteraksi di lingkungan yang majemuk baik di unit kerjanya maupun berhubungan dengan masyarakat. Kegiatan Uji Kompetensi online dilakukan secara masif kepada seluruh Pelaksana dan Jabatan Fungsional yang setara di lingkungan Kementerian Keuangan.
Semoga dengan dilaksanakannya uji kompetensi sosial kultural setiap ASN Kemenkeu dapat semakin cakap dalam melaksanakan tugasnya dan turut andil merekatkan sekaligus mempersatukan bangsa ditengah keberagaman budaya serta dinamika yang terus berjalan.