MILLENNIAL’S TALK: ONE STEP CLOSER WITH PLI

Penyebaran informasi mengalami percepatan yang semakin tinggi seiring berkembangnya teknologi belakangan ini. Informasi merupakan landasan untuk melakukan suatu hal yang nantinya akan memberikan manfaat bagi penerimanya. Sejatinya setiap pegawai Bea Cukai adalah humas yang tak bisa terpisahkan dari tugas dan fungsi memberikan edukasi serta pemahaman kepabeanan dan cukai kepada masyarakat. Dengan mengangkat topik Serba Serbi Seksi Penyuluhan dan Informasi pagi ini, (27/7/20) Bea cukai Juanda melaksanakan Program Pembinaan dan Keterampilan Pegawai (P2KP).

Tak jauh berbeda dengan informasi, kehidupan kita pun mengalami perubahan seiring dinamika situasi dan kondisi. New Normal telah membawa kita pada kebiasaan baru, pegawai yang melaksanakan tugas dari rumah atau home base sekalipun dapat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di kantor secara virtual.

Dalam sambutannya, Syamsu Priatmojo, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) menghimbau kepada seluruh peserta P2KP untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah sehingga tugas sebagai seorang aparatur sipil negara dapat tetap dipenuhi meski di rumah saja.

Berani, berjiwa muda, dan selalu melakukan inovasi, merupakan sifat yang menggambarkan generasi milenial. P2KP kali ini menghadirkan dua staf milenial dari seksi PLI sebagai narasumber.

I Gde Puspayana, mengawali pemaparan materinya dengan memperkenalkan tugas dan fungsi Seksi PLI. Dinamika kerja PLI setiap harinya pun tak luput ia sampaikan. Suasana semakin cair ketika narasumber kedua, Tatik Apriati, turut unjuk suara.

Dengan pengalamannya di bidang layanan informasi yang tak bisa dipandang sebelah mata lagi, Tatik berbagi manis pahit pengalamannya dalam memberikan bimbingan dan informasi kepada pengguna jasa. “Kami siap melayani anda tengan responsif dan transparan”, begitu motto PLI dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa, tuturnya. Topik berhasil dibawakan kedua narasumber dengan bahasa yang sederhana dan tetap menarik.
Pada kesempatan yang sama narasumber juga memberikan souvenir sebagai tanda apresiasi kepada seksi yang berperan besar dalam memberikan layanan informasi kepada seluruh stakeholder.

Diakhir acara, dibuka sesi tanya jawab serta quiz berhadiah. Peserta aktif memberikan pertanyaan maupun tanggapan kepada narasumber atas materi yang telah disampaikan. Semoga pelibatan generasi milenial seperti ini dapat mengembangkan kompetensi generasi muda bangsa dan membuahkan berbagai inovasi kearah perubahan yang lebih baik.

#beacukaimakinbaik #juandaganas #generasiberintegritas #covid19 #pns #wbkwbbm #bcjatim1 #solusi #kemenkeuterpercaya #indonesiamaju