SAH! KOPERASI BINA CITRA TELAH KANTONGI NIK

 

Kamis pagi (9/7/2020) Koperasi Bina Citra mendapatkan asistensi dari Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi Sidoarjo. Koperasi ini beranggotakan seluruh pegawai Bea Cukai Juanda dan Sidoarjo. Asistensi dilaksanakan di ruang perpustakaan kantor dengan peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Asistensi yang dihadiri ketua, pengawas, dan bendahara Koperasi Bina Citra pagi ini memiliki agenda utama penyerahan Nomor Induk Koperasi (NIK) serta sharing mengenai kondisi terkini koperasi. NIK merupakan alat klarifikasi keberadaaan serta eksistensi koperasi yang telah dinyatakan aktif, baik dari sisi database maupun di lapangan. NIK memiliki fungsi sebagai alat kolaborasi data serta mengintegrasikan data koperasi dengan data lain yang relevan dan terkait melalui sinergi dengan kementerian/lembaga, termasuk perbankan.

 

Latar belakang program pemberian NIK adalah keinginan pemerintah untuk menyusun sistem pendataan koperasi nasional yang memungkinkan koperasi dapat memiliki lebih dari satu identitas. Pemberian NIK terhadap koperasi akan memberikan manfaat, baik bagi koperasi maupun pemerintah. Secara substansial dan mendasar penerbitan NIK-Koperasi mempunyai tiga fungsi yakni konfirmasi, klarisifikasi, dan kolaborasi.

Pada kesempatan yang sama,Ketua Koperasi Bina Citra, Hari Purwanta menyampaikan kepada Kresna Agung selaku perwakilan dari Dinas Koperasi bahwa pada tahun ini Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2020 belum dapat terlaksana karena terkendala pandemi covid 19. Menanggapi hal tersebut asistensi berhasil membuahkan solusi pelaksanaan RAT. RAT tetap bisa dilaksanakan secara virtual dengan syarat pengurus menyampaikan materi dan bahan rapat kepada setiap anggota secara lengkap, jelas, dan mudah dimengerti serta memenuhi batas minimal kuorum. Selain itu Koperasi Bina Citra Bea Cukai Juanda –Sidoarjo juga akan diusulkan untuk mengikuti pemeringkatan koperasi.

#beacukaimakinbaik #juandaganas #generasiberintegritas #covid19 #pns #wbkwbbm#harikoperasi