BELAJAR BARENG (LAGI) ATURAN BARANG KIRIMAN

Sidoarjo (10/3) – Bea Cukai Juanda kembali menjamu rekan-rekan dari Bea Cukai Perak untuk belajar bareng terkait barang kiriman. Kunjungan santai tersebut diadakan di ruang perpustakaan Bea Cukai Juanda. Di bawah komando Kepala Seksi PKC II, Budiarto, BC Perak membawa serta 6 (enam) calon Pengusaha Jasa Titipan (PJT) yang akan beroperasi di bawah BC Perak.

Selaku wakil dari tuan rumah, Syamsu Priatmojo, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi membuka kegiatan tersebut sekaligus memaparkan aturan Barang Kiriman secara umum. Kasubsi Hanggar Pabean Cukai I Sudarso dan Kasubsi Hanggar Pabean Cukai VIII Chondro Yuwono melanjutkan pemaparan mengenai teknis penanganan barang kiriman di lapangan.

Diskusi semakin seru setelah Kasubsi Penyuluhan BC Perak memaparkan kewajiban dan potensi pengenaan sanksi bagi perusahaan yang bertindak sebagai pengangkut sekaligus PJT apabila terlambat menyampaikan inward manifes. M. Rokim menambahkan bahwa selain harus melakukan kewajiban sebagai pengangkut, perusahaan tersebut harus memastikan ketersediaan gudang dan tata cara pemenuhan kewajiban kepabeanannya yaitu sending CN (Consignment Note)nya.

Diakhir acara, perwakilan calon PJT memberikan statement yang menyakinkan “kita coba untuk memenuhi terlebih dahulu persyaratan apa saja yang diminta supaya bisa beroperasi sebagai PJT di Tanjung Perak”. Diharapkan dengan belajar bareng ini, menjadi titik awal keberhasilan pengoperasian PJT di di pelabuhan laut, terutama di BC Perak.

#beacukaimakinbaik
#juandaganas
#generasiberintegritas