TRANSFORMASI JABATAN TUK SDM UNGGUL

Hari Senin – Selasa (2-3 Maret 2020) yang lalu, telah berlangsung Uji Kompetensi di Kantor Bea Cukai Juanda. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka inpassing para pejabat Eselon V di lingkungan Bea Cukai Juanda. Kepala Kantor Bea Cukai Juanda Budi Harjanto turut andil langsung sebagai penguji ditengah-tengah penguji lainnya yang terdiri dari para Pejabat Eselon IV.

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional, disebutkan bahwa jabatan administrator, pengawas, dan pelaksana (Eselon V) wajib melakukan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah yang bersangkutan. Uji Kompetensi dilaksanakan dengan mekanisme wawancara dengan pedoman pertanyaan yang telah dditetapkan. Agar lebih menggali kompetensi peserta, beberapa penguji juga melontarkan beberapa pertanyaan teknis pengawasan dan pelayanan yang ada di Bea Cukai Juanda.

“Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur yang panjang harus dipotong,” ucap Presiden Joko Widodo saat momentum pelantikannya Presiden tahun lalu.

Presiden menegaskan bahwa ada masalah eselonisasi yang harus disederhanakan hingga 2 level saja dan diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai kompetensi. Untuk itu, transformasi jabatan ini perlu segera dilaksanakan oleh seluruh instansi pemerintahan guna menciptakan SDM yang unggul dan kompeten untuk #IndonesiaMaju

#beacukaimakinbaik
#juandaGANAS
#generasiberintegritas