AMANKAN PENERIMAAN NEGARA, BEA CUKAI JUANDA LELANG 350 GRAM GEM STONES

Sidoarjo – (23/12/2019) Pagi ini merupakan hari pertama gelaran Open House / Aanwijzing dalam rangka lelang Barang yang Dikuasai Negara (BDN) berupa Gem Stone di Bea Cukai Juanda. Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Bea Cukai Juanda. Open House diawali dengan konferensi pers yang dipimpin langsung oleh Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda dengan didampingi Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI. PT Balai Lelang Artha (PT BLA) juga turut hadir sebagai perantara lelang BDN ini dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Sidoarjo.

Lelang yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Juanda kali ini menawarkan barang berupa satu lot gem stone sebanyak ± 24 bungkus dengan total berat ± 350 gram. Gem stone yang dilelang ini merupakan hasil tegahan petugas Bea Cukai Juanda atas barang bawaan penumpang pesawat Air Asia QZ-321 asal India yang memberitahukan barang bawaannya secara tidak benar.

Setelah dilakukan uji keaslian dan penaksiran harga barang oleh PT Pegadaian diketahui bahwa 24 bungkus gem stone tersebut terdiri atas emerald, berlian, dan berlian hitam asli dengan taksiran harga barang sejumlah Rp 1.590.115.000. Berdasar perkiraan harga taksiran tersebut maka ditetapkan harga limit lelang adalah Rp 596.293.500. Harga limit lelang ini merupakan besaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas barang tegahan yang merupakan potensi penerimaan negara.

Pelaksanaan lelang diawali dengan Open House pada hari ini mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB dan hari Kamis, 26 Desember 2019 pada waktu yang sama. Adapun lelang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Desember 2019 menggunakan sistem E Auction dengan alamat domain www.lelang.go.id. Open Bidding / penawaran terbuka dimulai pukul 09.00 WIB (waktu server) dan pemenang ditetapkan pada pukul 11.00 WIB (waktu server). Syarat dan ketentuan lelang dapat diakses pada tautan tinyurl.com/lelangkppbcjuanda.

Lelang ini dilaksanakan sebagai wujud keseriusan Bea cukai Juanda dalam mengemban misi sebagai Community Protector dan Revenue Collector, serta melakukan edukasi pada masyarakat.