GEMPARKAN WILAYAH INDONESIA TIMUR DENGAN RUTE EKSPOR PERDANA SURABAYA – JEDDAH

Sidoarjo (18/12/19) – Sekitar pukul 13.30 s.d 15.00 WIB, telah dilaksanakan pelepasan ekspor perdana Surabaya – Jeddah (Arab Saudi) dengan penerbangan Saudi Arabian Airlines melalui Terminal Kargo Bandara Internasional Juanda. Pelepasan tersebut telah diresmikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Bea Cukai Juanda Budi Harjanto dengan didampingi Direktur PT. Alkanaah (GSA dari Saudia Airlines), jajaran manajemen PT. Angkasa Pura I, PT. JAS, Otoritas Bandara Internasional Juanda, Perwakilan dari Balai Karantina Surabaya, serta para pihak lainnya yang terlibat.

 

Menurut informasi, Saudi Arabian Airlines telah beroperasi di Bandara Internasional Juanda sejak 2014 silam dari awalnya hanya 2 kali penerbangan per minggu menjadi 8 kali penerbangan dalam seminggu, namun belum pernah mengangkut barang ekspor. Di momen kali ini lah ekspor dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dimulai. Dalam ekspor perdana tersebut, terdapat 2 (dua) Pemberitahuan Ekpor Barang (PEB) dengan komoditi barang ekspor berupa alat-alat musik dan sepatu. Total berat dari kedua komoditi tersebut kurang lebih seberat 4,3 Ton.

Pada sambutannya, Budi Harjanto memaparkan bahwa eksportasi perdana dengan menggunakan pesawat atau sarana pengangkut udara Saudi Arabian Airlines tersebut diharapkan dapat memicu peningkatan eksportasi dari Indonesia, khususnya di wilayah Jawa timur yang melalui Bandara Internasional Juanda ke berbagai negara, serta menjadikan Juanda sebagai pintu utama tempat bagi para stakeholder untuk mengekspor barang-barangnya.

Dengan terjalinnya sinergitas yang baik antar instansi terkait, operator, serta para pengguna jasa di wilayah Bandara Internasional Juanda serta dukungan teknis yang memadai, Bea Cukai Juanda yakin tingkat kegiatan ekspor akan semakin meningkat, neraca perdagangan naik, dan daya saing Indonesia akan tinggi, khususnya di wilayah Indonesia bagian Timur.

#BeaCukaiMakinBaik
#JuandaGANAS
#GenerasiBerintegritas
#GanasLawanKorupsi
#GanasGempurNarkoba