NGARIYUNG BARENG MANIFES

Sidoarjo – Pagi-Pagi-Pagi Bea Cukai Juanda Luar Biasa!, begitu semangat peserta Program Pembinaan Kompetensi Pegawai (P2KP) yang dilaksanakan pada Rabu pagi (29/11/2019) di aula kantor Bea Cukai Juanda. P2KP bulan November ini mengangkat topik bahasan seputar Manifes.

Hari Purwanta, Kepala Seksi Administrasi Manifes menjadi narasumber dalam kegiatan rutin bulanan ini. Dalam pemaparannya mengupas Peraturan Menteri Keuangan No 158/PMK.04/2017 Tentang Tatalaksana Penyerahan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut, Manifes Kedatangan Sarana Pengangkut dan Manifes Keberangkatan Sarana Pengangkut. Aturan ini merupakan perubahan PMK 108/ PMK. 04/2006.

Berbagai inovasi dalam penerapan perubahan aturan tentang RKSP dan Manifes telah dilakukan Bea Cukai Juanda, diantaranya adalah penyampaian rekon manifes online yang memanfaatkan email. Penerapan aturan baru serta inovasi pada Seksi Administrasi Manifes di Bea Cukai Juanda telah berhasil membawa perubahan yang cukup signifikan yakni berkurangnya dokumen rekon dari yang sebelumnya mencapai 1200 dokumen perbulan menjadi 500 dokumen saja. Selain itu pengguna jasa kini tak perlu repot-repot datang ke loket manifes untuk mengurus dokumen rekonnya karena layanan kini dapat dilakukan secara online.

Di akhir sesi, peserta P2KP ditantang untuk bermain quiz seputar materi yang telah disampaikan. Peserta antusias dan bersemangat saat mengikuti quiz, tiga peseta dengan perolehan niai tertinggi mendapat hadiah menarik. Diharapkan seusai kegiatan P2KP peseta semakin memahami aturan terkait kepabeanan khususnya dibidang administrasi manifes.

#BeaCukaiMakinBaik
#JuandaGANAS
#GenerasiBerintegritas
#GanasLawanKorupsi
#GanasgempurNarkoba