Sosialisasi Pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Kabupaten Sidoarjo

Dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat umum khususnya pengusaha Barang Kena Cukai di wilayah pengawasan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Junad, KPPBC TMP Juanda pada tanggal 08 sampai dengan 15 Juni 2015 menghadiri undangan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menjadi Narasumber pada Sosialisasi yang mengambil tema Pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau serta Desain Pita Cukai tahun 2015.

Berlokasi di Lima Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Sosialisasi dimulai pada hari pertama tanggal 08 Juni 2015 di Kecamatan Tanggulangin. Bertempat di Balai Desa Kludan, acara dimulai pukul 09.00 WIB. Turut hadir pula sebagai pembicara yaitu Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Syamsurijal. Adapun peserta kegiatan sosialisasi ini adalah pengusaha Barang Kena Cukai berupa Hasil Tembakau di wilayah kabupaten Sidoarjo, khususnya di kecamatan Tanggulangin. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Kludan, Zainul Lilutfi, diteruskan dengan sambutan dari Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA Kabupaten Sidoarjo, Syamsurijal, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari KPPBC TMP Juanda yang diwakili oleh Kepala Subseksi Layanan Informasi, Imam Subakti. Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab seputar materi yang langsung dijawab oleh pemateri.

Pada hari kedua tanggal 09 Juni 2015, Sosialisasi dilanjutkan di Kecamatan Candi. Acara sosialisasi mengambil tempat di Balai Desa Ampelsari dan dimulai pukul 09.00 WIB. Turut hadir pada sosialisasi hari kedua ini yaitu Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA Kabupaten Sidoarjo, Sekertaris Camat Candi, Ainun Amelia, serta Kepala Desa Ampelsari, Suheri kuswanto. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Ampelsari, diteruskan dengan penyampaian materi oleh Kepala Subseksi Layanan Informasi KPPBC TMP Juanda, Imam Subakti, dan diteruskan dengan tanya jawab seputar materi, acara sosialisasi berakhir pukul 13.00 WIB.

Hari ketiga tanggal 10 Juni 2015, kegiatan sosialisasi diadakan di Kecamatan Krian tepatnya di Kelurahan Kemasan. Bertempat di Balai Kelurahan Kemasan, kegiatan Sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali dengan sambutan dari Lurah Kemasan, Buang Slamet, dilanjutkan sambutan dari Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Syamsurijal. Acara kemudian diteruskan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Kepala Subseksi Layanan Informasi KPPBC TMP Juanda, Imam Subakti yang dilanjutkan dengan tanya jawab seputar meteri. Kegiatan Sosialisasi berakhir pukul 13.00 WIB.

Pada hari keempat tanggal 11 Juni 2015, kegiatan sosialisasi diadakan di Kecamatan Taman, tepatnya di Desa Wonocolo. Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB yang mengambil tempat di Balai Desa Wonocolo. Materi sosialisasi yang dibawakan oleh Kepala Subseksi Layanan Informasi KPPBC TMP Juanda, Imam Subakti, adalah Barang Kena Cukai, jenis BKC Hasil Tembakau Ilegal dan cara pelaporannya, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, Seri Pita Cukai Hasil Tembakau tahun 2015, serta identifikasi Pita Cukai palsu yang mungkin ditemukan di masyarakat umum. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar materi dan berakhir pukul 13.00 WIB.

Pada hari kelima tanggal 15 Juni 2015, acara sosialisasi kembali diadakan di KecamatanTaman namun berlokasi di tempat yang berbeda, yaitu di Desa Kalijaten. Tepatnya di Balai Desa Kalijaten acara sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB. Hadir kembali sebagai pemateri pada hari kelima adalah Kepala Subseksi Layanan Informasi KPPBC TMP Juanda, Imam Subakti. Setelah pemaparan materi sosialisai, acara diteruskan dengan tanya jawab seputar materi. Acara sosialisasi berakhir pukul 13.00 WIB