Sosialisasi Pembawaan Uang Tunai dan/atau Instrumen Pembayaran Lainnya Lintas Batas Negara Bagi Komunitas Bandara Internasional Juanda

Dalam rangka mengantisipasi potensi digunakannya Bandara Internasional Juanda sebagai salah satu titik lintas batas udara pembawaan uang tunai dan/atau instrument pembayaran lainnya serta dalam rangka memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat khususnya komunitas Bandar Udara Internasional Juanda perihal persyaratan dan tata

cara pembawaan uang tunai keluar dan masuk daerah pabean Indonesia sesuai Undang-undang No. 8 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo. Peraturan Bank Indonesia Nomor 4/8/PBI/2001 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pembawaan Uang Tunai Keluar dan Masuk Daerah Pabean Indonesia, KPPBC TMP Juanda berinisiatif mengadakan Sosialisasi Persyaratan dan Tata Cara Pembawaan Uang Tunai dan Instrument Pembayaran Lainnya Keluar dan Masuk Daerah Pabean Indonesia serta Pelaporannya ke PPATK.

 

Sosialisasi ini dilaksanakan pada Rabu, 10 September 2014 dengan maksud agar kepedulian, kesepahaman dan penguatan jejaring kerja sama antar entitas anggota komunitas Bandara Internasional Juanda dapat terjalin.

Peserta sosialisasi yang hadir merupakan perwakilan dari beberapa institusi kepemerintahan maupun entitas swasta anggota komunitas Bandara Internasional Juanda, diantaranya dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah III Kementerian Perhubungan, DJBC Kementerian Keuangan dalam hal ini dihadiri perwakilan dari Direktorat P2 Kantor Pusat DJBC, Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I, dan KPPBC TMP Juanda, Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya c.q. Bidang Pendaratan dan Izin Masuk Juanda, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Surabaya, Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Juanda, Aviation Security PT Angkasa Pura I Juanda, Airlines Operator Committee (AOC) Bandara Juanda, PT Gapura Angkasa, PT Garuda Indonesia, PT Air Asia, PT Jasa Angkasa Semesta, PT Angkasa Pura Logistic, serta PT Jaya Aero Mandiri.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan RI, Dr. Muhammad Yusuf, serta Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur, Hamid Ponco Wibowo.

Bertempat di Aula / Ruang Pertemuan Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan sambutan pertama dari Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah III dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Harjoko, kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I, Agus Yulianto. Pukul 09.20, acara dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama peserta sosialisasi dengan pemateri yang diteruskan dengan penyampaian materi oleh Kepala PPATK RI. Perhatian dan antusiasme peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kasi Penyidikan II Direktorat P2 Kantor Pusat DJBC, Agoes Widodo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen intern Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jawa Timur pada pukul 10.45 yang diteruskan dengan tanya jawab seputar materi.

Pukul 12.00, acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada pemateri.