Proyeksi Ekonomi & Perdagangan Indonesia Menghadapi APEC dan AEC 2015

Proyeksi Ekonomi Indonesia Menghadapi APEC dan AEC 2015

Globalisasi ekonomi merupakan sesuatu yang pasti akan terjadi. Tak satupun Negara yang mampu menghindarinya tak terkecuali Indonesia. Diperlukan adanya daya dorong secara nasional yang tak terlepas dari kesiapan daerah dalam menghadapi APEC dan AEC 2015 mendatang.

 

Bertempat di Hotel Bumi Surabaya pada tanggal 20 Februari 2014, berlangsung sebuah acara dialog interaktif yang bertajuk “ Proyeksi Ekonomi dan Perdagangan menghadapi APEC dan AEC 2015, yang diadakan oleh Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI). Acara diawali sambutan oleh Ketua GPEI Iis Darmawan A. dan dibuka secara resmi oleh Adi selaku perwakilan dari Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur. Turut hadir pula dari Kadin Provinsi Jawa Timur, Otoritas Pelabuhan Tg. Perak, Pelindo, Bea Cukai, Karantina, serta dari asosiasi pengusaha ekspor impor Jawa Timur, dll.Selaku narasumber adalah Kresnayana Yahya M.Sc yang merupakan konsultan perekonomian.

Dalam acara tersebut dibahas tentang kesiapan Indonesia menghadapi era perekonomian global khususnya APEC dan AEC. Perlu adanya kesiapan secara menyeluruh dari berbagai aspek, baik fisik maupun non fisik. Kesiapan fisik antara lain tersedianya infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi baik pelabuhan, jalan raya, bandara, dll. Kesiapan aspek non fsiki meliputi kesiapan dari swasta dan pemerintah selaku pembuat regulasi